selamat malam mama :*

Mama, aku ingin tau bagaimana perasaanmu saat pertama kali kau mendengar suara tangisku. Bahagiakah ? ya, itu pasti. Mama, aku ingin mendengar ceritamu bagaimana perjuanganmu dulu ketika membesarkanku hingga saat ini. Ah, pasti itu lebih sulit dari yang kubayangkan. Tapi kau tak pernah mengeluh untuk itu, benarkah ?
Mama, aku ingin tau bagaimana perasaanmu ketika aku mulai beranjak dewasa, ketika mulai ada kata-kataku yang begitu melukai hatimu. Sakitkah itu? Tapi aku tak pernah melihatmu menangis. Ah, pasti kau dengan susah payah menahan air matamu di depan ku. Susah payah mengembangakan senyum dihadapanku.
Mama, aku ingin tau bagaimana perasaanmu ketika aku memutuskan untuk pergi melanjutkan sekolah dan memilih untuk jauh dari keluarga. Aku ingin tau bagaimana perasaanmu ketika melepaskanku sendiri didaerah yang asing bagiku. Sedih kah ? Sungguh, aku ingin tau semua yang kau rasakan. Semua sedih dan senangmu, tangis dan tawamu.
Mama, bolehkah aku bilang bahwa aku merindukanmu ? bolehkah aku mengatakan betapa aku sangat mencintaimu ? Betapa aku sangat membutuhkanmu, dalam keadaan apapun. Sayangnya, rasanya sulit sekali aku mengungkapkannya langsung dihadapanmu. Malu, ya aku malu untuk bilang “mama, aku mencintaimu karena Allah”. Padahal aku tau, betapa bahagianya jika kau mendengar kata-kata itu dariku, dari anakmu.
Mama, tau kah kau setiap kali aku mendengar bahwa keadaanmu sedang tidak sehat, betapa aku sangat mengkhawatirkanmu di sini. Tapi aku tak pernah mengungkapkannya. Kalau kau tau, setiap saat aku selalu memikirkan keadaanmu di sana, tak pernah sedikitpun aku lupa untuk itu. Tapi, maaf jika aku tak pernah menanyakan kabarmu. Mungkin kau merasa bahwa aku sama sekali tak memperhatikanmu, bahwa aku lupa dengan keadaanmu di sana, bahwa aku hanya sibuk dengan urusan sekolahku di sini. Ah mama, kau tak pernah tau apa yang kurasakan sebenarnya.
Mama taukah kau, rasanya aku ingin sekali memelukmu, mencium tanganmu, dan bilang bahwa aku sangat mencintaimu. Betapa besar rasa terimakasihku padamu mama, untuk semua kasih sayangmu yang tak terhingga, untuk semua pengorbananmu yang tak terhitung, untuk semua air matamu yang tak terukur, untuk segalanya yang tak mungkin bisa ku tulis .
Rabbi, jika boleh aku meminta, jangan kau panggil ibuku sebelum aku dapat melihatnya menangis karena bangga melihat kesuksesanku. Buatlah dirinya selalu dalam keadaan bahagia. Rabbi, jika ada luka dihatinya, kumohon sembuhkanlah. Jika ada kesempitan dihatinya, kumohon lapangkanlah. Berkahilah setiap langkah perjuangannya, rahmatilah setiap tetes keringatnya, kabulkanlah setiap rintihan do’anya, angkatlah derajatnya ya Rabb. Sampaikanlah, bahwa di setiap untaian do’aku selalu ada namanya. Wanita yang selalu kucinta sepanjang hayatku.
Dalam keheningan malamMu, hanya suara rintikan hujan yang masih setia menemani, bahkan bulanpun tertutup oleh awan yang menggumpal diatas sana. Seakan melengkapi kesendirianku dalam bilik yang sederhana ini.
kupaksakan untuk tertidur namun tetap tidak bisa. Dalam lamunanku terlintas sosok yang begitu kukenal. Wajah mama terbayang.
Ah, tanganku terasa  berat menuliskan kalimat demi kalimat dalam coretan ini. Wajah mama tergambar jelas melintas dalam penglihatanku. Inilah cinta karena Allah. Cinta yang abadi.
mama,,putri kecilmu sedang sakit,, betapa dia merindukan dekapan tanganmu saat ini. Aku ingin berada disampingmu. Aku butuh mama, aku ingin memelukmu. Aku ingin pulang maa..
mama, tatih aku berdiri dari rangkakanku, lalu berjalan sampai aku berlari, seperti ketika kukecil dulu. mama..bangunkan aku ketikah kuterjatuh. Pukul aku bila aku nakal menjauh darimu.
mama, ditempat yang jauh dari jangkauanmu aku merangkak bersama doamu. Doakan malaikat kecilmu ini, semoga bisa membuatmu tersenyum bahagia. Suatu saat engkau akan melihat air matamu menjadi kristal. Karena doamu selalu bersamaku, insyaAllah.
mama adalah bidadariku, dialah segalanya bagiku, dialah penegas hatiku dikala lara, impianku dalam rengsa dan rujukan hatiku dikala nista. betapa malam ini suaramu tak henti hadir di pendengaranku . betapa aku ingin menjawab suara itu . betapa aku ingin mencium tanganmu . betapa aku sangat merindukan tutur katamu . merindukan segalanya yg pernah kau berikan untukku . doakan Tuhan membawamu dalam mimpiku malam ini mama . selamat malam mama :*

0 komentar:

Posting Komentar